• Minggu, 29 Januari 2023

Jangan Parno Isu Resesi Global, Indonesia Cuma Kecipratan Resesi Ekonomi Hanya 3 Persen

- Selasa, 24 Januari 2023 | 13:45 WIB
Ilustrasi resesi dalam bentuk grafik. (pixabay.com/Gam-Ol)
Ilustrasi resesi dalam bentuk grafik. (pixabay.com/Gam-Ol)

Jakarta, wartafavorit.com – Tahun 2023 masyarakat dihantui oleh tahun gelap ekonomi global, lebih tepatnya resesi ekonomi global.

Sempat banyak yang bertanya-tanya, apa dampak yang diperoleh Indonesia akibat resesi ekonomi global?

Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (BRI), Sunarso angkat bicara. Ia menyebutkan bahwa diprediksi Indonesia hanya akan mengalami resesi ekonomi sebesar 3 persen saja.

Akibat perekonomian nasional yang solid, dibandingkan banyak megara, peluang terjadinya resesi ekonomi di Indonesia amatlah kecil, yakni cuma 3 persen.

Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) Sunarso mengutip survei yang dilakukan Bloomberg mengenai probabilitas resesi mengatakan, banyak negara di dunia ini punya peluang resesi di atas 20 persen pada 2023.

Sri Lanka punya probabilitas resesi tertinggi di dunia, yakni 85 persen, disusul Uni Eropa (50 persen), AS (40 persen), Selandia Baru (33 persen), Jepang dan Korea masing-masing 25 persen, kemudian Pakistan, Taiwan, Australia, Hong Kong dan China masing-masing 20 persen, lalu Malaysia (13 persen), Thailand dan Vietnam masing-masing 10 persen dan Filipina (8 persen).

 

"Probabilitas terjadinya resesi di Indonesia cuma 3 persen atau di bawah India yang probabilitasnya 0 persen. Kita bangga Indonesia mampu mengelola ekonominya dengan baik, maka kita memiliki ekonomi yang solid dan peluang terjadinya resesi hanya tiga persen," katanya dalam webinar "Tren Perbankan di Tahun 2023" yang digagas OJK Institite di Jakarta, Selasa (17/1).

Menurut dia, perekonomian Indonesia masih akan kuat karena terkendalinya Covid-19 yang membuat aktivitas bisnis dan ekonomi kembali berjalan lancar, stabilitas harga komoditas, dan perbaikan peringkat investasi Indonesia.

Halaman:

Editor: Nur Hidayat

Sumber: digitalbank.id

Tags

Terkini

Terungkap! Warga Jakarta Punya Kebiasaan Utang Pinjol

Jumat, 13 Januari 2023 | 21:45 WIB
X