• Minggu, 29 Januari 2023

Biaya Haji 2023 Naik 69 Juta, Jamaah Calon Haji: Janganlah, Kami Ini Sudah Tua Semua

- Selasa, 24 Januari 2023 | 15:00 WIB
Marsudi minta pemerintah batalkan kenaikan biaya haji 2023 yang mencapai 69,1 juta
Marsudi minta pemerintah batalkan kenaikan biaya haji 2023 yang mencapai 69,1 juta

Jombang, WartaFavorit.com - Para Jamaah calon haji mengeluhkan rencana pemerintah yang akan menaikkan biaya haji tahun 2023.
Bahkan rencana kenaikan biaya haji 2023 itu telah diusulkan kepada Komisi VII dalam rapat kerja di gedung DPR RI beberapa waktu lalu.
Para jamaah calon haji terkejut, karena besaran biaya haji 2023 yang diusulkan pemerintah melalui Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas ternyata sangat tinggi.
Angkanya bahkan mencapai hampir dua kali lipat dibandingkan dengan biaya haji tahun sebelumnya.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Wisata Alam di Wonosalam, Jombang
Tahun 2022 biaya haji yang ditetapkan pemerintah sebesar 39,8 juta rupiah, namun biaya haji 2023 ini tiba-tiba dinaikkan hampir dua kali lipat menjadi 69,1 juta rupiah.
Para jamaah calon haji terkejut dan bingung bagaimana harus melunasi biaya haji 2023 yang terlalu tinggi tersebut.
Salah satu jamaah calon haji yang merasa kecewa dengan usulan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengenai kenaikan biaya haji 2023 itu adalah Marsudi (69), warga desa Bandung Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang.
“Kalau bisa ya janganlah, itu kami sudah tua semua dan keberatan”, ujar Marsudi.

Baca Juga: Duh Kepala Sekolah Di Banyuwangi Ini Cabuli 3 Siswinya dengan Iming iming Supaya Pintar dan Uang Rp. 2000
Menurut Marsudi, usulan menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas agar biaya haji 2023 naik menjadi 69,1 juta terlalu tinggi dan terlalu jauh melampaui kemampuan rata rata jamaah calon haji kebanyakan.
“Kenaikannya ini terlalu besar, masalahnya sudah nunggu lama, trus sekarang sudah waktunya bisa berangkat tapi kok trus (biayanya) naik. Lha ini sangat keberatan”, lanjut Marsudi.
Marsudi mengingatkan, mayoritas jamaah calon haji di Indonesia adalah masyarakat dari kalangan kelas menengah kebawah.

Baca Juga: Cara Memilih Induk Untuk Berternak Burung Murai Batu, LANGKAH KEDUA untuk Pemula
Umumnya, mereka bisa mendaftar haji bukan karena kaya raya dan punya uang lebih, tapi karena menyisihkan sedikit demi sedikit uang yang biasanya dipakai untuk kebutuhan sehari-hari.
Sebab bagi umat Islam, berhaji merupakan kewajiban sehingga mereka akan berusaha melaksanakannya meski harus mengorbankan kebutuhan pokoknya.
Marsudi berharap pemerintah mau berempati terhadap kondisi ekonomi para jamaah calon haji dan tidak menambah kesulitan mereka dalam menjalankan ibadah ke tanah suci.

Baca Juga: Motor Beat Nyangkut di Genteng Rumah Warga, Netizen : Cewek tak Pernah Salah
Jika usulan biaya haji 2023 naik menjadi 69,1 juta disetujui oleh DPR, Marsudi yakin hal tersebut akan membuat mayortas para jamaah calon haji kelabakan dan bingung cara melunasinya.
“Harapan saya ke Pemerintah ini supaya memikirkan bagaimana caranya semua yang tertunda (jamaah calon haji) bisa berangkatlah, jangan dibebani dengan hal hal yang membuat kami ini makin kesulitan”, pungkasnya.***

Baca Juga: Candi Kedaton Peninggalan Majapahit di Lereng Gunung Argopuro Probolinggo

Editor: Mukhtar Bagus Purnomo

Tags

Terkini

X