• Jumat, 9 Desember 2022

Sepakbola Indonesia Berduka, 127 Orang Meninggal dalam Tragedi Arema

- Minggu, 2 Oktober 2022 | 07:06 WIB
Ilustrasi Tragedi Arema yang menewaskan 127 orang supporter (RW)
Ilustrasi Tragedi Arema yang menewaskan 127 orang supporter (RW)

Warta Favorit - Kabar duka datang dari sepakbola tanah air, bertepatan dengan hari Kesaktian Pancasila, Sabtu 1 Oktober kemarin. Kabar duka tersebut datang dari pertandingan lanjutan BRI Liga 1 antara Arema Malang berhadapan dengan Persebaya Surabaya yang berakhir dengan ricuh.

Laga yang berlangsung di Stadion Kanjuruhan Malang tersebut sebenarnya hanya dihadiri oleh penonton tuan rumah, karena demi alasan keamanan pihak penyelenggara telah menyepakati bahwa supporter Persebaya tidak akan datang, dan tiket hanya dijual untuk supporter tuan rumah.

Tidak ada kerusuhan yang terjadi selama laga berlangsung 90 menit, namun setelah laga yang berkesudahan untuk kemenangan Persebaya Surabaya 2-3 ini telah usai, kekecewaan penonton mulai terlihat.

Kekecewaan ini tentunya dipicu karena kekalahan tim kebanggaan mereka yang tidak pernah kalah di kandang sendiri dari Persebaya Surabaya selama 23 tahun.

Baca Juga: Hari Ini 1 Oktober 2022, Harga BBM Turun

Baca Juga: Jose Mourinho Haus Kemenangan Pertama atas Inter Milan dalam Karirnya

Beberapa penonton yang kecewa mulai turun ke lapangan, mereka mencari pemain dan oficial tim untuk menanyakan kenapa sampai kalah di laga tersebut.

Kericuhan mulai terjadi yang membuat petugas pengamanan menembakkan gas air mata, para supporter yang terkena gas air mata berlarian dan mencoba menyelamatkan diri keluar menuju pintu 10 dan 12 stadion yang akhirnya menyebabkan penumpukan masa.

Hal itu menyebabkan terjadi himpit-himpatan sehingga kurang oksigen dan sesak nafas.

Irjen Pol Nico Afinta selaku Kapolda Jawa Timur (Jatim), mengkonfirmasi jumlah korban meninggal versi Polri. Ia mengatakan jika jumlah korban meninggal ada 127 orang.

Halaman:

Editor: Nimet Bolluk

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X